Reformasi Birokrasi Kemnaker Kembali Meningkat

By Admin

nusakini.com--Reformasi birokrasi pada hakikatnya adalah upaya untuk melakukan pembaharuan dan perubahan mendasar terhadap sistem penyelenggaraan pemerintahan. Terutama menyangkut aspek-aspek kelembagaan (organisasi), ketatalaksanaan (business prosess) dan Sumber Daya Manusia (SDM) aparatur.

Reformasi birokrasi di Indonesia sendiri, setiap tahun terus dilaksanakan secara berskesinambungan di bawah koordinasi Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI (Kemen PAN-RB). Untuk reformasi birokrasi di lingkungan Kementerian Ketenagakerjaan RI (Kemnaker), hasil evaluasi Kemen PAN-RB menunjukkan bahwa reformasi birokrasi Kemnaker dari tahun ke tahun terus meningkat meningkat. 

“Hasil penilaian Kemen PAN-RB di tahun 2016 ini mengalami kenaikan di tahun-tahun sebelumnya. Jika tahun-tahun sebelumnya indeks yang dicapai kemnaker sebesar 61,77, tahun ini mendapatkan 69,65,” kata Inspektur Jenderal Kemnaker Sunarno pada acara Evaluasi Persiapan Penilaian Mandiri Pelaksanaan Reformasi Birokrasi di Kantor Kemnaker Jakarta, Senin (27/3). 

Dari hasil pencapaian reformasi birokrasi selama 2 tahun terakhir, Kemnaker terus mengalami perkembangan yang memuaskan. Pada tahun 2014, Kemnaker mencapai indeks 50,69 dengan kategori tingkat akuntabilitas kinerja CC (Cukup Baik). Pada tahun 2015, indeks Reformasi Birokrasi Kemnaker meningkat menjadi 61,77 dengan kategori tingkat akuntabilitas kinerja B (Baik). Capaian kategori tingkat akuntabilitas kinerja tahun 2015 sendiri merupakan yang terbaik dibandingkan 5 edisi sebelumnya. 

Atas capaian tahun 2016 yang kembali meningkat, Irjen Kemnaker pun mengajak kepada seluruh jajaran pejabat dan staf di lingkungan Kemnaker untuk bekerja lebih optimal. Sehingga, laporan reformasi birokrasi Kemnaker terus mengalami perbaikan ke arah yang lebih baik. 

“Mudah-mudahan di tahun kedepan akan semakin meningkat terus,” ujarnya. (p/ab)